Friday, May 6, 2016

SEPUTAR PIKIRAN SADAR DAN BAWAH SADAR

Milton Erickson, seorang maestro hipnoterapi, mengutarakan hasil pengamatannya terhadap pikiran bawah sadar, sebagai berikut:
1.      Kemampuan pikiran bawah sadar terpisah dari pikiran sadar
Pikiran bawah sadar bekerja secara terpisah dari pikiran sadar. Pikiran bawah sadar dapat mendengar atau melihat hal-hal yang tidak tertangkap oleh pikiran sadar.
2.      Pikiran bawah sadar adalah gudang penyimpanan informasi
Orang sebenarnya mempunyai pengetahuan yang sangat banyak. Namun, mereka seringkali tidak tahu bahwa mereka tahu. Pengetahuan itu bisa meliputi informasi yang berhubungan denga fisik, emosi, psikologi, atau intelektialitas yang dulunya diperoleh secara sadar melalui upaya keras. Namun, pengetahuan itu kemudian seakan-akan hilang karena telah berada di luar wilayah pengamatan pikiran sadar.
Satu contoh sederhana adalah kemampuan berjalan tegak. Kemampuan ini adalah kecakapan yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang tidak mudah. Walaupun melakukan aktivitas “berjalan” setiap hari, orang dewasa tidak sadar bahwa mereka bisa karena telah berhasil mempelajari cara berjalan saat masih kecil. Pembelajaran semacam ini dapat terjadi karena pikiran bawah sadar merupakan system kesadaran dan tempat pemrosesan informasi yang parallel tetapi sekaligus terpisah dari pikiran sadar.
3.      Pikiran bawah sadar adalah potensi yang belum digunakan
Setiap manusia normal terlahir dengan membawa system saraf dan fisik yang rumit. System itu memungkinkan manusia mampu melihat, mengamati, berpikir, dan memberikan respon. Namun, dalam proses tumbuh-kembang seorang manusia, hanya sebagian kecil dari seluruh potensi dirinya itu berkembang sepenuhnya dalam pikiran sadar. Potensi yang belum tergali dan berkembang berada di luar kendali pikiran sadar dan masuk ke dalam kendali pikiran bawah sadar
4.      Pikiran bawah sadar sangat cerdas
Pikiran bawah sadar jauh lebih cerdas, bijaksana, dan cepat dari pada pikiran sadar. Pikiran bawah sadar dapat menjangkau lebih banyak informasi dari pada pikiran sadar serta dapat menganalisis dan meninjau ulang suatu informasi tanpa pengaruh bisa dari rasa bangga, prasangka, atau pengharapan. Dengan kata lain, pikiran bawah dasar mewakili suatu potensi intelektual yang berfungsi pada kapasitas puncak.
5.      Pikiran bawah sadar bersifat sangat sadar
Aspek paling penting, dan sekaligus bersifat paradox, dari pikiran bawah sadar adalah bahwa pikiran ini tidak selalu bersifat tidak sadar. Sebaliknya, pikiran bawah sadar sebenarnya sangat sadar dan responsive terhadap setiap kejadian. Pikiran bawah sadar dikatakan tidak sadar dalam pengertian bahwa pikiran sadar tidak sadar akan keberadaan, kegiatan atau operasi, upaya komunikasi, dan pengaruh pikiran bawah sadar terhadap pikiran, persepsi, dan perilaku. Pikiran bawah sadar diberi nama demikian karena kita (pikiran sadar) tidak sadar akan keberadaan pikiran ini.
Saat dua orang bertemu, secara bawah sadar pikiran mereka saling menilai siapa yang lebih positif. Orang yang lebih positif akan menang dan mempunyai postur atau pengaruh yang lebih kuat dan dominan.
6.      Pikiran bawah sadar mengamati dan memberikan respon dengan jujur
Kemampuan persepsi, pemahaman, dan respon pikiran bawah sadar sama dengan yang ditunjukkan oleh seorang anak kecil yang masih polos, belum memiliki prasangka, bisa, pengharapan, dan aturan yang kaku seperti orang dewasa
7.      Pikiran bawah sadar menyerupai pikiran seorang anak kecil
Anak-anak lebih banyak berhubungan atau menggunakan pikiran bawah sadar mereka daripada orang dewasa. Pada saat masih kecil, pikiran sadar anak belum berkembang sepenuhnya sehingga anak perlu mengakses pikiran bawah sadar mereka untuk membantu belajar dan berkembang. Dengan demikian, sifat dan perilaku anak mencerminkan pikiran bawah sadar orang dewasa. Anak-anak seringkali lebih responsive terhadap proses bawah sadar dan lebih awas dalam pengamatan mereka dibandingkan dengan orang dewasa
8.      Pikiran bawah sadar adalah sumber emosi
Emosi seringkali muncul secara mendadak, tanpa diinginkan, dan seringkali tidak dapat dimengerti oleh pikiran sadar. Emosi muncul dari pikiran bawah sadar. Emosi adalah bentuk ekspresi yang mencerminkan perasaan atau reaksi pikiran bawah sadar terhadap suatu situasi yang berhubungan dengan kepribadian individu
9.      Pikiran bawah sadar bersifat universal
Pikiran bawah sadar sebenarnya merupakan gambaran fakta bahwa semua orang pada awalnya, saat dilahirkan hanyalah manusia biasa yang sama-sama membawa kemampuan mental dan fisik yang dapat dikembangkan, serta membawa kemampuan belajar alamiah.
Isi pikiran bawah sadar setiap orang tentu berbeda, tergantung pada pengalaman, lingkungan, dan hasil pembelajaran individu. Namun, pada dasarnya, bentuk, struktur. Atau pola respon setiap pikiran bawah sadar manusia sangat mirip satu sama lain. Bisa dikatakan bahwa manusia pada hakikatnya sangat berbeda, tetapi juga sangat mirip.

Berikut di atas adalah sekilas mengenai pikiran sadar dan bawah sadar, yang secara menyeluruh akan anda pelajari pada pelatihan hypnosis & Hipnoterapi certification yang akan di adakan oleh Best Solutions.

Saya sangat faham bahwa anda sangat ingin sekali mengikuti workshop yang satu ini, oleh karena itu anda bisa langsung menghubungi 085755513200 terkait jadwal workshopnya.

Artikel Terkait

SEPUTAR PIKIRAN SADAR DAN BAWAH SADAR
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email